Topik
3 Agu 2023

Proses Ekstrusi Aluminium untuk Menghasilkan Produk Profil Aluminium Berkualitas

YKK AP Indonesia memproduksi dan menjual tidak hanya bahan bangunan aluminium untuk konstruksi tetapi juga profil aluminium yang digunakan untuk berbagai keperluan. Berdasarkan teknologi seperti desain cetakan, ekstrusi aluminium, perlakuan permukaan, dan pemrosesan yang dikembangkan dalam bahan bangunan, kami akan mengusulkan realisasi bahan aluminium dalam bentuk yang dapat dibayangkan pelanggan. Salah satu tahap yang penting dalam pembuatan produk profil aluminium adalah sebuah proses yang disebut dengan ekstrusi. 

Pada umumnya, proses pembuatan profil aluminium dibagi menjadi tiga tahap, yaitu pencetakan, ekstrusi, dan perlakuan permukaan (surface treatment). Ekstrusi adalah tahap kedua dari proses pembuatan setelah aluminium dituang ke dalam cetakan melingkar dan didinginkan untuk menghasilkan billet ingot silinder. Selanjutnya, billet yang sudah dihasilkan akan diekstrusi. Lalu, apa yang terjadi pada proses ini? Apa yang dimaksud dengan ekstrusi aluminium? berikut penjelasan selengkapnya!

Apa Itu Ekstrusi Aluminium

Ekstrusi aluminium adalah proses mendorong billet menjadi profil atau bentuk yang diinginkan sesuai dengan desain yang sudah disiapkan melalui cetakan. Kelebihan proses ekstrusi adalah dapat menghasilkan bentuk dengan penampang yang rumit dan ringan serta memproses bahan yang rapuh seperti aluminium. Selain itu, profil aluminium yang dihasilkan lebih awet dan tidak mudah berkarat. Hasil akhir dari proses yang digunakan untuk mengubah paduan aluminium menjadi billet yang memiliki profil penampang melintang tertentu disebut sebagai aluminium ekstrusi.

Baca juga: Tips Memilih Produk Kusen Aluminium Berkualitas

Proses Ekstrusi Aluminium

Proses ekstrusi aluminium dimulai dengan memanaskan billet hingga sekitar suhu 500°C, billet tersebut diatur dalam ekstruder. Dengan menekannya ke cetakan dengan tekanan tinggi, profil aluminium dengan panjang sekitar 50 hingga 70 m diekstrusi. Berdasarkan perbedaan pada desain cetakannya, profil aluminium dapat dibuat dalam berbagai bentuk seperti bahan berongga dan bentuk penampang yang rumit. Setelah profil aluminium yang sudah diekstrusi dilakukan pendinginan, kemudian kedua ujungnya ditarik untuk memperbaikinya dan memotongnya ke dalam dimensi atau ukuran yang ditentukan. Setelah itu, perlakuan panas dilakukan untuk meningkatkan kekuatan yang dibutuhkan untuk produk akhir.

Setelah melalui proses ekstrusi aluminium, tahap terakhir dalam proses pembuatan adalah surface treatment. Dengan merendam profil aluminium di berbagai tangki cairan, minyak dan goresan halus dapat dihilangkan. Ketahanan korosi dan ketahanan aus ditingkatkan dengan perlakuan anodisasi untuk membentuk lapisan pada permukaan. Selanjutnya, dilakukan pewarnaan dan pengecatan pada profil aluminium tersebut.

Profil Ekstrusi Generik Aluminium

Jika Anda mencari profil aluminium yang berkualitas, Anda dapat memesannya di YKK AP. Kami menyediakan profil dan bahan ekstrusi generik aluminium (profil generik dan tipe generik). Profil generik adalah profil aluminium ekstrusi yang serbaguna, seperti kotak dan lingkaran. Kami memiliki berbagai jenis profil dan ukuran cetakan yang Anda butuhkan. Silakan hubungi kami untuk menentukan detail ukuran dan jenis profil yang Anda inginkan.

Berikut ini adalah contoh bentuk profil yang kami miliki:

1. Profil Padat

  1. Sudut berbentuk L (Sisi Sama)
  2. Sudut berbentuk L (dengan R)
  3. Sudut berbentuk L (Sisi Tidak Sama)
  4. Saluran berbentuk U
  5. Bidang Datar
  6. Bar Persegi

2. Profil Berongga

  1. Pipa Bulat
  2. Pipa Persegi (Persegi)
  3. Pipa Persegi (Persegi Panjang)

Selain produk di atas, Anda juga dapat memilih bentuk profil lainnya sesuai yang Anda butuhkan. Warna profil yang umum digunakan adalah hitam, perak, dan sampanye. Jika Anda ingin memilih warna selain tiga warna tersebut, kami juga menyediakan pilihan warna lainnya. Produk akan dibuat sesuai pesanan, waktu pengiriman standar adalah 30 hari setelah menerima pesanan. Karena dibuat sesuai pesanan, kami akan meminta lot minimum (350 kg/pesanan, 1 Pallet) dan waktu pengiriman. Jangan ragu untuk menghubungi kami guna mendapatkan informasi lebih lengkap jika Anda menggunakan lebih banyak profil daripada biasanya atau menggunakan profil aluminium ekstrusi untuk pertama kalinya.

Baca juga: Katalog Digital Telah Tersedia

YKK AP menyediakan profil aluminium yang digunakan untuk beragam produk industri atau bagian-bagiannya, seperti beberapa bagian pada piano, rel gorden, box untuk truk, suku cadang mobil dan berbagai barang lainnya yang dibutuhkan pada kehidupan sehari-hari maupun kebutuhan industri. Profil aluminium diproduksi dengan menggunakan teknologi yang dikembangkan untuk material bangunan, seperti desain cetakan, ekstrusi aluminium, dan proses perlakuan permukaan.

Hubungi kami untuk pemesanan profil aluminium berkualitas. Kami akan merekomendasikan produk yang paling sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Silahkan klik informasi profil aluminium untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk yang kami miliki.

Referensi: https://www.ykkap.co.id/products/industrial-aluminum-profiles/

Untuk informasi lebih lanjut,
silahkan klik tombol dibawah ini

Hubungi Kami